SELAMAT MENJALANKAN IBADAH DI BULAN RAMADHAN 1431 H.

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH DI BULAN RAMADHAN 1431 H.

PETA

PETA
Pulau Kundur

Minggu, 15 Agustus 2010

Pemekaran Kecamatan di Kabupaten Karimun

Pemerintah Kabupaten Karimun memiliki (9) sembilan Kecamatan, Empat dari sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun bakal dimekarkan. Empat kecamatan yang dimekarkan itu masing-masing, Kecamatan Meral, Kundur Utara, Moro, dan Kundur. Jika terealisasi, secara keseluruhan Kabupaten Karimun bakal memiliki 13 kecamatan.   ”Pemerintah Kabupaten Karimun sudah mulai melakukan studi kelayakan untuk pemekaran kecamatan ini,” ungkap Wakil Bupati Karimun H. Aunur Rafiq, kemarin (2/6).

Untuk Kundur Utara akan dipecah menjadi dua kecamatan. Selain Kundur Utara juga ditambah Kecamatan Pulau Belat. Sedangkan Kecamatan Meral akan dimekarkan lagi menjadi Kecamatan Pangke. Begitu pula untuk Kecamatan Moro dibagi menjadi dua kecamatan, yakni Moro dan Keban.   ”Semuanya ini masih dalam tahap pengkajian oleh tim dari Bagian Pemerintahan. Jika terealisasi, maka akan diteruskan ke DPRD,” ungkap Wakil Bupati Karimun H. Aunur Rafiq, M. Si.

Secara terpisah, Kabag Pemerintahan Setkab Karimun Tejaria. S.Sos menyebutkan, studi kelayakan yang dilakukan pihaknya untuk melakukan pemekaran kecamatan mulai dari sisi geografis, jumlah penduduk sampai penentuan kelayakan letak ibu kota kecamatan. ”Kita baru tahap turun ke lapangan melakukan studi, sehingga usulan resmi ke dewan untuk pemekaran kecamatan ini masih di tangan tim. Setelah itu, hasil studi ini akan kita sampaikan ke pimpinan untuk mempelajarinya lebih lanjut. Hanya saja, untuk wilayah Pongkar apakah nantinya akan masuk ke dalam kecamatan pemekaran atau tidak belum dapat dipastikan,’’ terangnya.

Hanya saja, tambah Teja sapaannya, kecil kemungkinan Pongkar akan berubah masuk ke dalam kecamatan pemekaran. Karena, di dalam peta nasional, daerah Pongkar yang berada di Kecamatan Tebing dan salah satu daerahnya masuk dalam jajaran pulau terluar yang jadi perhatian pemerintah pusat. Yakni, Pulau Takong Yu yang berbatasan dengan Malaysia.

Untuk pemekaran Kecamatan Kundur, Bagian Pemerintahan Setkab Karimun sudah menggelar sosialisasi ke masyarakat, Rabu (2/6) di Balai Srigading. Secara geografis, Tejaria menyampaikan, pemekaran kecamatan minimal harus memiliki 10 desa dan jumlah penduduk 7.500 jiwa.  Namun jika melihat secara ril, Kelurahan Alai belum memenuhi syarat untuk dimekarkan menjadi kecamatan. Namun melihat pulau-pulau terluar yang membutuhkan sarana pelayanan, maka perlu dipertimbangkan.

1 komentar:

Hotel Taman Gembira

Hotel Taman Gembira